Distribusi KTP-el di Empat Lawang Masih Minim

Alwi Alim    •    Senin, 02 Oct 2017 15:25 WIB
e-ktp
Distribusi KTP-el di Empat Lawang Masih Minim
Tahapan perekaman KTP-el -- ANT/Adiwinata Solihin

Metrotvnews.com, Palembang: Distribusi Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, masih sangat minim. Hal ini bisa menimbulkan kecurangan saat pilkada 2018.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumsel Septiana Z.R. mengatakan, Pemkab Empat Lawang sudah beberapa kali mengambil blangko KTP-el. Namun, hingga kini distribusinya baru 45,29 persen.

"Seharusnya, distribusi KTP-el itu sudah 90 persen, sama seperti daerah lainnya," kata Septiana di Kantor Disdukcapil Sumsel, Senin 2 Oktober 2017.

Sejumlah blangko KTP-el dikhawatirkan sengaja disimpan untuk pilkada 2018. Namun, kekhawatiran itu dibantah Disdukcapil setempat yang menyebut keterlambatan distribusi disebabkan jarak tempuh dan keterbatasan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Selain itu, pasokan listrik di Empat Lawang juga mempengaruhi distribusi KTP-el," terang Septiana.

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun Disdukcapil Sumsel, KTP-el yang sudah tercetak sebanyak 92,22 persen atau sekitar 4.905.999 lembar. Sedangkan, yang sudah melakukan perekaman mencapai 90 persen atau 5.420.018 orang dari wajib KTP sebanyak 5.911.068 orang.

"Nantinya data ini diambi oleh KPU kemudian dilakukan clearing data untuk menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT)," pungkas Septiana.


(NIN)